Masalah Klasik Ibu Bekerja

 

 

 

Wanita yang masih single dan bekerja saja punya masalah, apalagi seorang ibu yang memiliki anak dan suami. Tidak jarang masalah klasik ibu bekerja terjadi, dan mungkin itu juga yang terjadi pada Anda. Masalah yang terjadi memang nampak klasik, namun bila Anda tak memahaminya sebagai sebuah akar dari sebuah masalah yang lebih besar, hal yang tak diinginkan bisa terjadi. Maka, Anda harus menyadari bahwa beberapa masalah di bawah ini memang klasik terjadi tapi harus segera diatasi.

Masalah klasik yang sering terjadi pada ibu bekerja adalah kekurangan waktu. Ibu bekerja biasanya merasa seolah 24 jam sehari itu kurang, perlu tambahan, karena terlalu banyak yang harus dikerjakan. Dari mengurus anak dan suami, mengurus rumah, menyelesaikan pekerjaan, belum lagi acara sosial ibu-ibu. Dan akhirnya ia akan menemukan bahwa ada beberapa hal yang tak selesai ia kerjakan, bilapun dikerjakan hasilnya tidak maksimal.

Masalah yang lainnya adalah rasa bersalah. Hal ini dipicu dari banyaknya hal yang harus dikerjakan, namun tak selesai ia kerjakan dengan baik. Yang harusnya ia bisa melihat anaknya mengikuti sebuah lomba, tak bisa ia lakukan karena alasan pekerjaan. Ini salah satu contoh pemicu rasa bersalah.

Kelelahan adalah masalah klasik ibu bekerja. Mereka biasanya akan bangun lebih awal, namun tidur lebih lambat dari anggota keluarga yang lainnya. Sepulang kerja mereka masih harus berkutat dengan urusan rumah tangga seperti memasak, mencuci, dan mengurus anak. Sangat melelahkan. Akhirnya yang terjadi adalah kelelahan fisik. Belum lagi bila suami tidak bisa membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah, yang terjadi adalah kelelahan fisik dan psikis. Ujung-ujungnya akan terjadi pertengkaran.

Akumulasi dari semua masalah klasik ibu bekerja adalah stres. Dari kurangnya waktu dan istirahat, rasa lelah yang menumpuk, dan rasa bersalah yang tak dipahami oleh anggota keluarga lainnya akan menimbulkan stres pada ibu bekerja. Stres ini akan menimbulkan banyak masalah dalam keluarga. Sebelum semua pertengakaran terjadi, masalah klasik tadi harus diatasi.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>